Table of Content

Profil Bank Syariah Digital Aladin yang Berbasis Islam

Bank Syariah Digital Aladin merupakan bank digital syariah pertama dan sangat cocok untuk yang ingin membuka rekening perbankan dengan basis Islami.
VINERIX.COM - Bank Syariah Digital Aladin merupakan digital banking berbasis Islam. Saat ini banyak lembaga keuangan digital yang telah diluncurkan. Namun beberapa digital bank tersebut merupakan lembaga keuangan konvensional dan bukan lembaga syariah.

Profil Bank Syariah Digital Aladin yang Berbasis Islam

Bank Syariah Digital Aladin
menambah daftar baru bank digital di Indonesia dan merupakan aplikasi keuangan digital syariah pertama di Indonesia. Aladin sebelumnya bernama Bank Net Syariah dan pada awal tahun 2022 meluncurkan aplikasi banknya. 


Sejarah Bank Aladin Syariah

Profil Bank Syariah Digital Aladin yang Berbasis Islam

Pada awal berdiri di tahun 1994, perusahaan ini bernama Maybank Nusa Internasional. Perusahaan ini merupakan hasil kerjasama antara Maybank dan Bank Nusa Nasional. Pada tahun 2000 nama perusahaan berubah lagi menjadi Maybank Indocorp.

Perubahan nama ini dikarenakan pengalihan saham Nusa kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia dan perusahaan pengelola aset. Pada tahun 2010 perusahaan ini mulai beroperasi dengan prinsip syariah dan memiliki nama baru Maybank Syariah Indonesia.

Kepemilikan saham Menteri Keuangan RI dialihkan kepada PT. Prosperindo di tahun 2011. Pada bulan Mei 2019, Maybank dan Prosperindo menandatangani perjanjian untuk membeli saham dengan NTI Global Indonesia dan Berkah Anugerah Abadi.

Di tahun yang sama juga lembaga keuangan ini berganti nama kembali menjadi Net Indonesia Syariah. Pada bulan April 2021 dari hasil rapat umum pemegang saham luar biasa memutuskan untuk mengubah nama perusahaan sekali lagi menjadi Bank Aladin Syariah. 

Penggantian nama ini sekaligus menjadi rebranding dan lembaga melakukan beberapa perubahan mulai dari logo, tagline hingga jajaran manajemen. Aladin Syariah juga bertransformasi dengan menjadi Bank digital.

Aladin saat ini secara resmi telah terdaftar dan diakui Otoritas Jasa Keuangan atau OJK. Selain itu lembaga keuangan ini juga telah diakui oleh Bank Indonesia, Islamic Banking Perbankan Syariah, Lembaga Penjamin Simpanan serta Ayo ke Bank. 


Nilai Utama Bank Aladin Syariah

Aladin saat ini telah menjadi pionir perbankan berlandaskan syariat Islam di Indonesia. Dalam kegiatan operasionalnya, Bank Syariah Digital Aladin juga memegang nilai-nilai Islami yang diterapkan pada setiap pelayanan perbankannya. Terdapat 4 nilai utama yang dipegang teguh oleh Aladin.

1. Etika dan Patuh pada Syariat Islam

Lembaga keuangan Islami saat ini memiliki identitas etika dan kepatuhan terhadap konsep Syariat Islam dalam menjalankan setiap pelayanan perbankanya. Nilai ini diwujudkan dalam penerapan nilai-nilai Islam seperti kejujuran, kepercayaan, kebenaran, menghormati sesama, keadilan serta toleransi.

2. Mudah Diakses

Bank Syariah Digital Aladin juga telah menggunakan teknologi fintech digital dalam menjalankan aktivitasnya. Sehingga nasabah dapat melakukan berbagai transaksi perbankan dan keuangan dengan lebih mudah, nyaman dan cepat melalui aplikasi.

3. Integritas dan Amanah

Lembaga ini juga memahami betul betapa pentingnya integritas serta amanah di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, Aladin Syariah akan senantiasa menjaga dua hal tersebut dalam memberikan berbagai pelayanan dan produk yang bermanfaat untuk nasabahnya.

4. Kolaboratif

Aladin juga akan senantiasa terbuka untuk berbagi mitra bisnis yang ingin berkolaborasi. Dana kolaborasi tersebut nantinya akan disalurkan pada sektor-sektor yang produktif. Hal ini guna mendukung menciptakan ekosistem ekonomi yang produktif, sehat serta menguntungkan untuk nasabah. 


Fitur Bank Syariah Digital Aladin

Bank Syariah Digital Aladin merupakan aplikasi yang masih tergolong baru serta memiliki 2 jenis tabungan. Jenis tabungan pertama yaitu Ala Dompet. Merupakan rekening tabungan biasa yang memiliki nisbah atau bagi hasil lebih rendah dan hanya memiliki satu rekening untuk setiap nasabah.

Jenis tabungan kedua yaitu Ala Impian. Ala Impian memiliki nisbah yang lebih besar dari Ala Dompet. Ala Impian terbagi lagi menjadi dua jenis tabungan. Dua jenis tabungan ini memiliki perbedaan dari cara menabungnya saja.

Berbagai fitur yang ada pada aplikasi digital bank konvensional juga terdapat pada ada Bank Syariah Digital Aladin. Fitur tersebut seperti transfer, top-up, membayar tagihan dan lain-lain. Fitur standar yang pasti dimiliki semua aplikasi banking. 


Cara Membuka Akun Rekening Aladin dengan Benar

Bagi yang ingin membuka rekening di Bank Syariah Digital Aladin, Anda dapat menggunakan email nomor telepon atau Informasi pribadi lain seperti KTP. Pertama email calon pengguna dan KTP akan dilakukan pengecekan untuk liveness detection.

Agar menghindari fraud, proses ini akan membandingkan data calon nasabah dan gambar selfie dari calon nasabah dengan data yang ada di kependudukan sipil. Apabila semua data sudah benar maka permintaan pembukaan rekening akan disetujui oleh pihak bank.

Perbankan syariah tentu akan sangat cocok untuk Anda yang ingin membuka rekening perbankan dengan basis Islami. Lembaga perbankan ini memang mencari solusi yang memiliki landasan syariat Islam. Bank Syariah Digital Aladin merupakan salah satu lembaga keuangan yang dapat Anda pilih.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment