Table of Content

Blu BCA vs BCA Mobile: Bagus Mana?

Blu by BCA Digital vs BCA Mobile apa perbedaan dan kelebihan dari masing-masing platform mbanking bank BCA ini? Simak ulasan berikut ini.
Bagi nasabah BCA, tentunya Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah Blu BCA vs BCA Mobile? Kedua layanan ini ternyata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda merupakan nasabah baru, sebaiknya ketahui dulu tentang dua layanan itu. 

Blu BCA merupakan salah satu layanan mobile banking dari BCA digital yang tujuannya adalah untuk memudahkan para nasabah ketika melakukan transaksi. Blu BCA memang memberikan kemudahan, akan tetapi bagaimana dengan layanan BCA Mobile?


Kelebihan Kekurangan Menggunakan Blu by BCA Digital

blu-bca-vs-bca-mobile

Sebelum membahas tentang apakah Blu BCA sama dengan BCA, penting untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya dari menggunakan Blu BCA. Sebenarnya Blu BCA merupakan sebuah aplikasi dari bank BCA digital yang bisa beroperasi pada android dan iOs.

1. Gratis Biaya Transfer ke Bank Lain atau Top Up e-wallet

Ternyata jika Anda memilih menggunakan Blu BCA ketika akan mengisi ulang saldo e-wallet atau transfer ke bank lain, tidak akan dikenakan biaya. Akan tetapi transaksi ini hanya berlaku selama 20x dalam satu bulan, lewat dari itu nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp2.000 saja pertransaksi nya.

Tidak hanya itu, fasilitas ini juga hanya dibatasi selama 2 bulan saja, jika Anda ingin bisa menikmatinya terus menerus, pastikan saldo minimal 1 juta rupiah. Apabila di bulan ketiga saldo Anda tidak mencukupi maka transfer ke bank lain akan dikenakan biaya. 

2. Buka Rekening Bisa Secara Online

Bagi Anda yang ingin memiliki nomor rekening Blu BCA, bisa membuatnya secara online dari mana saja. Ini adalah salah satu perbedaan dari Blu BCA vs BCA Mobile, Anda hanya perlu mengunduh aplikasinya saja kemudian isi data sesuai dengan permintaan. 

Pastikan data-datanya sesuai dengan yang ada di KTP, setelah itu nasabah bisa langsung menghubungi call center dari pihak BCA. Nantinya pihak bank akan menghubungi Anda lewat video call dan melakukan proses verifikasi. 

Sulit bukan dibanding membuat rekening langsung dari bank, Anda perlu datang ke kantor cabang dan harus antri menunggu. Kemudahan ini belum tentu dimiliki oleh bank lain, jadi ayo langsung daftar Blu BCA.

3. Bebas Biaya Admin bulanan

Seperti yang kita ketahui, jika menyimpan saldo atau tabungan pada bank biasanya nasabah akan di bebankan biaya admin penyimpanan uang dalam saldo, contohnya akan ada potongan tertentu setiap bulannya.

Alih-alih demikian e-wallet by BCA Digital ini malah sebaliknya, tidak ada sama sekali potongan biaya perbulannya, justru nasabah akan mendapatkan bunga p.a dan cair setiap hari nya.


4. Penyimpanan Blu Saving, Blu Gather dan Deposito

Tidak seperti e-wallet kebanyakan, blu BCA memiliki blu saving, dimana kita dapat memilah uang atau saldo yang kita miliki.

Kemudian terdapat blu deposit yang dapat kita gunakan untuk menambah bunga dari deposito berjangka minimal dengan simpanan 1 juta untuk satu bulan dengan bunga 3% p.a

Berbeda dengan blu saving, blu juga memiliki fitur yang bernama blu gather. Dimana kita bisa menyimpan uang atau menabung dari banyak akun blu. Contohnya dimana kita memiliki arisan, maka uang dari masing-masing anggota arisan dapat menyimpan di satu akun blu gathering ini dan dapat memantau nya setiap saatnya.

5. Fiturnya Masih Kurang Lengkap

Selain kelebihan di atas, hal lain yang menjadi pertimbangan dari menggunakan Blu BCA vs BCA Mobile adalah fiturnya yang masih belum lengkap. Ada beberapa fitur yang tidak ada di Blu BCA. Fitur ini tentu saja menghambat aktivitas pengguna. 

Contoh fiturnya adalah tidak terdapat fasilitas untuk melakukan pinjaman online serta kartu kredit. Selain itu, tampilan menu investasinya berbeda dengan obligasi dan reksadana, bisa membuat Anda bingung. 


Kelebihan dan Kekurangan BCA Mobile

Setelah membaca review Blu BCA Digital di atas, berikutnya adalah membahas tentang BCA Mobile. Mobile banking BCA itu terbagi menjadi dua macam, pertama adalah BCA Mobile dan kedua adalah m-BCA yang menggunakan sim card. 

1. Bisa Digunakan Tanpa Nomor HP yang Sudah Registrasi

Kelebihan pertama menggunakan BCA Mobile adalah bisa menggunakan aplikasi tersebut tanpa memerlukan nomor yang sudah pernah diregistrasi sebelumnya. Jadi, ketika nasabah sudah melakukan registrasi nomor sebelumnya, maka berikutnya tidak perlu lagi.

Nasabah bisa dengan bebas melakukan transaksi, akan tetapi demi alasan keamanan sebaiknya nasabah tetap menggunakan fitur PIN aplikasi. Ketika akan melakukan transaksi, nasabah harus memasukkan nomor pin terlebih dahulu. 

2. Biaya Lebih Murah 

Perbedaan berikutnya pada Blu BCA vs BCA Mobile adalah dari biayanya yang murah. Jika Blu BCA hanya membatasi selama 2 bulan tanpa biaya untuk transaksi, nah untuk BCA Mobile ini harganya lebih murah. 

Tetapi tetap saja ada biaya transaksi sama dengan biaya admin bulanan Blu BCA Digital. Hanya saja, berbeda dengan m-BCA yang langsung memotong pulsa karena memang terhubung dengan sim card. 

Adapun untuk BCA Mobile ini hanya menggunakan jaringan internet, jadi agar bisa mengakses aplikasinya, tidak membutuhkan pulsa. Harga paket internet juga lebih murah daripada membeli pulsa, jadi tidak akan membutuhkan banyak biaya. 

3. Pemasangan Aplikasi Minimal Mid End

Kekurangannya adalah ponsel yang Anda gunakan tentu saja harus mendukung aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga. Ini yang menjadi kekurangan menggunakan BCA Mobile, kendati demikian, tidak ada kekurangan lain dari segi fiturnya. 


Penutup

Jadi, khusus untuk nasabah baru Bank BCA, bebas ingin menggunakan BCA Mobile atau Blu BCA. Perbedaan mengenai Blu BCA vs BCA Mobile di atas hanya menjadi bahan pertimbangan saja karena keduanya juga memiliki kekurangan.
Kasih jajan buat kreator klik disini

Post a Comment